Minggu, 21 November 2010

Fafa Demam (lagi)

Fafa alergi susu sapi maka emaknya gak boleh konsumsi susu dan turuannya serta kacang tanah. Hadeew alergi kok ya makanan enak sih, fa. Tauk nih bakat alerginya nurun dari siapa soalnya kami kan wong ndeso yang dulunya mana merhatiin soal alergi. Sejak awal november dia kena batuk alergi tapi jarang-jarang batuknya. Kulitnya pun muncul bercak-bercak yang harus disalepin dengan salep yang harganya mahalnya minta tobat.

Kemarin dia demam lagi padahal batuk pilek alerginya belum ilang jadi bertambah-tambahlah penderitaan Fafa. tapi tetep, dia gak banyak rewel, hanya pengennya dekeet aja. Diletakkan di strollernya lalu didorong sono sini pasti akan tidur jadi emaknya masih bisa beres-beres, nyetrika, dll. Namun muka Fafa begitu memelas. Dapet banget,deh feel memelasnya, hahaha.

Kalau demam , biasanya aku pake pertolongan pertama pada demam aja dan sorenya demamnya akan turun maka di rumah tidak sedia parasetamol buat bayi. Selain pertolongan pertama pada demam , aku sebagai emaknya juga mengkonsumsi habsauda, madu lebih banyak lagi dan tentu saja ditapel bawang merah parut + minyak telon hehe. Sampe kamarku beraroma bawang merah!

Kemarin kami sudah melakukan hal ini demi meredakan demam Fafa tapi suhu fafa naeek terus:

- menyusui Fafa lebih sering (ampe pegel dan lafeeeerr terus)
- memandikan dengan aer hangat
- memakaikan baju tipis dan menyerap keringat

- mengompresnya dengan aer hangat

- skin to skin (dengan dada ayah tapinya)


- ditapel bawang merah +minyak telon di puser dan ubun-ubunnya (eits! jangan salah, ini cara kuno yang manjur sangat)


Karena panasnya tidak turun dan di tengah malam Fafa menolak asi maka kubawa ke rumah sakit. ternyata dia menolak asi karena kekenyangan bukan karena demamnya. Di rumah sakit diberi obat penurun panas lewat anus karena demamnya tinggi banget. Manut sajalah, kesian Fafa karena mukanya memerah saking demamnya. Daripada nanti kejang trus bikin cacat tak apalah diberi obat, toh gak sering-sering. begitu demam turun kami pulang. Ealah, sampe rumah kok malah nangis terus. belum pernah Fafa seperti itu. Aku tau itu namanya kolik (mungkin karena kekenyangan asi) maka langsung nanyah mbah gugel cara meredakan kolik. Sambil berusaha menenangkannya , kami ingin bawa dia balik ke rumah sakit. Baru aja keluar rumah, eh dia tertidur . Batal,deh ke rumah sakit karen Fafa tidur nyenyak sampe pagi. Dipikir-pikir, seru juga ya ngasuh anak tuh, banyak hal baru dipelajari, kadang memacu adrenalin, kadang sangat bahagia, kadang mewek, kadang kesal, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar